Satgas TMMD Gandeng Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang Sosialisasi Pertanian

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Satuan Tugas Satgas TNI Manunggal Membangun Desa ke 103 tahun 2018 Kodim 0826/ Pamekasan menggandeng Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang, Gelar penyuluhan pertanian bagi masyarakat Desa Pasanggar yang bertempat di Balai Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Sabtu 10/11/18.

Sesuai dengan kondisi dan keadaaan geografis struktur tanah di Desa Pasanggar Penyuluhan secara khusus ini memberikan materi, tentang peningkatan produktivitas pertanian lahan kering.

Menurut Dosen Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang , DR Ir. Nurhidayati MP, sebagai nara sumber mengatakan, salah satu cara menangani masalah tanah tandus dan kering bisa dilakukan dengan sistim terasiring untuk menjaga struktur tanah dan pengolahan kotoran hewan dan tumbuh-tumbuhan.

“Cara menangani tanah tandus dan cara menyuburkan tanah yang keras, kadang pamakaiannya lebih pada pupuk organik dan pupuk kimia, padahal lebih bagus memakai pupuk non organik yang terbuat buat dari kotoran hewan, daun-daun kering dan ranting,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Pasanggar Abdul Hadi dan semua perangkat serta warga Pasanggar. Abdul hadi mengharapkan dengan adanya penyuluhan ini masyarakat Pasanggar dapat mengetahui bagaimana caranya bercocok tanam dilahan kering yang baik dan tentunya mendapatkan hasil yang maksimal dan mampu mengembangkan jenis-jenis tanaman yang khas dari daerah ini untuk dijadikan komoditi pangan tradisional. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s