Anggota Satgas TMMD Ini Lihai Dalam Memecah Batu

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Batu merupakan salah satu material utama yang digunakan dalam pembuatan Jalan dan Bronjong pada TMMD ke 103 Kodim 0826/Pamekasan di Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Pamekasan, Jum’at ( 02/11/18).

Batu yang digunakan tidak seluruhnya didatangkan dari daerah lain. Sebagian memanfaatkan batu yang ada di Desa Pasanggar. Namun sayangnya batu tersebut masih sebesar gajah, dan harus dipecahkan menjadi bongkahan kecil.

Memecah batu bukan perkara mudah, selain diperlukan tenaga yang kuat, pengalaman serta teknik khusus yang harus dikuasai. Kalau tidak menguasai bisa-bisa malah jadi bumerang.

Salah satunya Serma Mursidi anggota Koramil 03/ Proppo yang tergabung dalam Satgas TMMD Pasanggar. Kesehariannya ditugaskan sebagai pemecah batu untuk digunakan dalam pembuatan Jalan dan Bronjong.

Serma Mursidi dalam menaklukkan batu tidak ada kesulitan serta tidak diragukan lagi. “Dia sudah menekuni bidang belah membelah batu selama lima tahun terakhir. “Tekniknya mudah kok, tinggal pukul aja pakai hamers,” ucap Dan SSK TMMD Kapten Cba Guntur.

Ada istilah “otot kawat balung wesi” itu pantas apabila disematkan dan disandangnya. Dibalik sosoknya yang kalem, pendiam, lugu ternyata Serma Mursidi memiliki tenaga  yang luar biasa. Batu yang sangat keras terlihat luluh ditangannya.

“Karena tidak ada mesin pemecah batu, pakainya palu besar, kecil dan pasak, untuk memecah. Linggis untuk mencongkelnya agar batu yang akan di belah lebih mudah,” sambungnya.

Untuk memecah batu-batu besar ini, pertama-tama yang Serma Mursidi lakukan melubangi batu besar sedalam 3 s/d 5 cm dengan ukuran segede pasak. Lubang yang dibutuhkan 3-4 untuk ditancapkan pasak. Setelah itu pasak dihantam dengan palu besar. Satu dua kali pukulan batu besar langsung terbelah.

“Batu itu kan ada alur seratnya yang sudah ada garisnya. Alur itu kita lubangi terus dihantam pasak, maka akan terbelah sesuai dengan ukuran yang diinginkan,” kata Serma Mursidi

Semua ini dilakukannya demi membantu anggota Satgas TMMD dan  masyarakat  Desa Pasanggar untuk menyusun batu – batu tersebut dalam pembuatan jalan dan Bronjong. Dengan di buatkannya jalan maka aktifitas semakin lancar  dan tidak ada kendala di desa Pasanggar. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s