TNI & BKKBN Sosialisasikan Program Keluarga Berencana

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, TNI Angkatan Darat membantu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mensosialisasikan program Keluarga Berencana di desa Pasanggar Pegantenan Kabupaten Pamekasan yang menjadi sasaran pembangunan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 103. kegiatan ini merupakan fokus utama dan salah satu sasaran pembangunan non fisik dalam TMMD. Minggu (28/10/18).

“pada TMMD yang ke 103, kami menitikberatkan ke sasaran Fisik Dan Non Fisik. Kali ini pembangunan non fisik lebih dipusatkan kepada program-program Keluarga Berencana,” jelas Dan SSK TMMD Ke 103 kapten Cba Guntur kepada wartawan saat ditemui di rumah kepala desa Pasanggar yang dijadikan tempat sosialisasi KB.

Program ini dilakukan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia. Nantinya, TNI akan memberi penyuluhan kepada para remaja di desa mengenai perancangan masa depan dengan menentukan usia perkawinan hingga jumlah anak yang akan dimiliki.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Drs. Abrori Rais, M. Si. Mewakili kepala BKKBN kabupaten Pamekasan mengatakan, bahwa kerjasama dengan TNI untuk memberi penyuluhan ke desa-desa telah dilaksanakan sejak pertama kali TMMD mulai berjalan.

“Kala itu, program TMMD masih bernama Abri Masuk Desa (AMD),” katanya.

Sehingga, dengan adanya bantuan tenaga dari TNI, BKKBN sangat terbantu dalam melakukan sosialisasi ke desa-desa. Oleh karena itu, bantuan TNI sangat mempengaruhi keberhasilan penekanan laju penduduk di Indonesia.

Selain memberikan penyuluhan, nantinya BKKBN juga akan memberikan pelayanan KB bagi keluarga yang membutuhkan secara gratis untuk masing-masing desa.

Lebih lanjut, beragam pelayanan KB yang akan diberikan adalah pil kontrasepsi, pemasangan spiral pada wanita, pemasangan implan nantinya, BKKBN akan menyediakan dokter, perawat, serta mobil operasi.

Sama seperti perencanaan pembangunan fisik TMMD, pendataan akan keluarga yang menginginkan layanan KB akan dilakukan dari tingkat komando distrik militer (Kodim) sampai dengan Koramil. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s